Ticker

6/recent/ticker-posts

INTAKE-AIR TEMPERATURE SENSOR

INTAKE-AIR TEMPERATURE SENSOR - Hallo sahabat JAGO BENGKEL, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul INTAKE-AIR TEMPERATURE SENSOR, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel MOBIL, Artikel TIPS, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : INTAKE-AIR TEMPERATURE SENSOR
link : INTAKE-AIR TEMPERATURE SENSOR

Baca juga


INTAKE-AIR TEMPERATURE SENSOR

IAT INTAKE-AIR TEMPERATURE SENSOR 

iat sensor fungsi sensor iat  iat sensor adalah letak sensor iat gambar sensor iat

IAT Sensor -  INTAKE-AIR TEMPERATURE SENSOR mungkin merupakan komponen yang sederhana, namun memainkan peran penting. Tugasnya adalah memberikan unit kontrol mesin pengukuran penting untuk mengoreksi pembentukan campuran dan penyalaan. Halaman ini menjelaskan prinsip fungsional sensor suhu udara masuk, dampak kesalahan, dan apa yang dapat menyebabkan kegagalan sensor. Anda juga akan menemukan petunjuk langkah demi langkah tentang cara memeriksa sensor.

BAGAIMANA SENSOR SUHU UDARA MASUK BEKERJA: PRINSIP FUNGSIONAL

Sensor suhu udara masuk menentukan suhu di dalam pipa hisap dan meneruskan sinyal tegangan yang timbul dari suhu tersebut ke unit kontrol. Ini mengevaluasi sinyal dan mempengaruhi pembentukan campuran dan sudut penyalaan.

Resistansi sensor suhu berubah tergantung pada suhu udara masuk. Ketika suhu meningkat, resistansi berkurang, yang mengurangi tegangan pada sensor. Unit kontrol mengevaluasi nilai tegangan ini, karena nilai tersebut berhubungan langsung dengan suhu udara masuk (suhu rendah menghasilkan nilai tegangan tinggi pada sensor, dan suhu tinggi menghasilkan nilai tegangan rendah).


KESALAHAN SENSOR SUHU UDARA MASUK: GEJALA

Sensor suhu udara masuk yang rusak dapat muncul dalam berbagai cara melalui deteksi kesalahan oleh unit kontrol dan strategi program darurat yang dihasilkan.

Gejala kesalahan yang sering terjadi adalah:

Kode kesalahan disimpan, lampu indikator mesin mungkin menyala

Masalah dimulai

Tenaga mesin berkurang

Peningkatan konsumsi bahan bakar


PENYEBAB SENSOR IAT GAGAL: PENYEBAB KEGAGALAN

Kegagalan dapat disebabkan oleh berbagai alasan:

Sirkuit pendek internal

Kerusakan pada kabel

Hubungan pendek kabel

Kerusakan mekanis

Ujung sensor kotor



MEMERIKSA SENSOR SUHU UDARA MASUK: PENYELESAIAN MASALAH

Pengecekan dilakukan dengan menggunakan multimeter

1. Langkah pengujian 1

Resistansi internal sensor ditentukan. Resistansinya bergantung pada suhu. Saat mesin dingin, impedansinya tinggi, dan saat mesin panas, impedansinya rendah.

Tergantung pada pabrikannya:

25°C 2,0 – 6 KOhm atau sekitar 80°C. 300 Ohm

Harap perhatikan spesifikasi nilai referensi khusus.


2. Langkah pengujian 2

Periksa pengkabelan ke unit kontrol dengan memeriksa kontinuitas dan hubungan pendek ke rangka untuk setiap kabel ke konektor unit kontrol.

Hubungkan ohmmeter antara steker sensor suhu dan steker unit kontrol yang dilepas. Nilai referensi: kira-kira. 0 Ohm (diagram sirkuit diperlukan untuk penetapan pin pada unit kontrol).

Periksa masing-masing pin pada konektor sensor terhadap ground menggunakan ohmmeter dan dengan konektor unit kontrol dilepas. Nilai referensi: >30 MOhm.

3. Langkah pengujian 3

Periksa tegangan suplai pada steker sensor yang dilepas menggunakan voltmeter. Hal ini dilakukan dengan unit kontrol terpasang dan kunci kontak dihidupkan. Nilai referensi: kira-kira. 5V.

Jika nilai tegangan tidak tercapai, suplai tegangan ke unit kontrol dan suplai ground harus diperiksa sesuai diagram rangkaian. Jika semuanya baik-baik saja, maka kesalahan unit kontrol akan dipertanyakan.



Demikianlah Artikel INTAKE-AIR TEMPERATURE SENSOR

Sekianlah artikel INTAKE-AIR TEMPERATURE SENSOR kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel INTAKE-AIR TEMPERATURE SENSOR dengan alamat link https://www.jagobengkel.my.id/2024/03/intake-air-temperature-sensor.html