Ticker

6/recent/ticker-posts

Mengenal fungsi dan komponen alternator pada mobil

Mengenal fungsi dan komponen alternator pada mobil - Hallo sahabat JAGO BENGKEL, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Mengenal fungsi dan komponen alternator pada mobil, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel KELISTRIKAN, Artikel MOBIL, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Mengenal fungsi dan komponen alternator pada mobil
link : Mengenal fungsi dan komponen alternator pada mobil

Baca juga


Mengenal fungsi dan komponen alternator pada mobil

Apa sih fungsinya Alternator pada mobil? Yuk simak penjelasannya 


Fungsi dan komponen Alternator mobil


JAGO BENGKEL. Apasih fungsi Alternator pada mobil? , sebelum berlanjut mari kita ketahui pengertian nya. Alternator adalah sebuah komponen pada mobil yang berfungsi menghasilkan arus listrik bagi semua komponen yang membutuhkan aliran listrik, seperti AC, lampu mobil, dan audio mobil. Alternator mobil juga biasa disebut sebagai dinamo ampere. 

Fungsi Alternator mobil

Fungsi alternator mobil. Alternator juga berfungsi mengisi aki mobil agar tetap berada pada tegangan yang stabil sehingga aki tidak drop/tekor. Fungsi Alternator mobil memanfaatkan prinsip kerja elektromagnetik. Dengan memanfaatkan prinsip tersebut, alternator berperan penting agar komponen-komponen kelistrikan di dalam mobil tetap berfungsi dan memiliki daya listrik yang cukup.

Mobil yang tidak dilengkapi alternator akan memiliki performa yang rendah. Saat aki mobil habis, mobil akan mengalami mogok mesin karena tidak memiliki pembangkit energi listrik. Nah, pada dasarnya cara kerja alternator adalah mengubah energi mekanik menjadi energi listrik. Caranya dengan mengubah putaran mesin menjadi energi listrik dengan memanfaatkan prinsip kerja elektromagnetik tadi.

Alternator terhubung ke mesin mobil dengan menggunakan belt atau tali kipas. Saat mesin mobil berputar, belt tersebut juga akan memutar roda pulley pada alternator. Putaran tersebut dimanfaatkan alternator untuk menghasilkan energi listrik. Satu putaran mesin mobil akan menghasilkan dua kali putaran roda pulley pada alternator.


Cara kerja alternator mobil

Cara kerja alternator mobil ialah untuk menghasilkan arus listrik dari koil stator. Kemudian, arus listrik tersebut diatur oleh IC regulator agar tegangan listrik yang dihasilkan tidak lebih dan bisa digunakan untuk mengisi listrik pada aki mobil.


Komponen Alternator mobil

Berikut komponen Alternator mobil. Penting yang mendukung prinsip kerjanya sebagai penghasil energi listrik, yaitu Rotor sebagai penghasil medan magnet, stator penghasil arus listrik bolak-balik, rectifier yang berfungsi sebagai penahan arus baterai, dan regulator yang mengatur arus listrik agar stabil dan konstan.

gambar komponen alternator mobil
komponen Alternator mobil - JagoBengkel.my.id

1. Rotor

Komponen rotor pada alternator ialah komponen yang berbalik. Rotor sendiri tersusun dari inti magnet ( pole core), field coil ataupun diucap pula dengan rotor coil, slip ring serta poros rotor ( rotor shaft).

gambar komponen alternator ROTOR
ROTOR - JagoBengkel.my.id

Fiel coil pada rotor disusun dengan metode digulung dengan arah putaran yang sama dengan arah putaran rotor serta ujung- ujung dari field coil dihubungkan pada slip ring. Pada rotor terdiri dari 2 pole core serta pole core tersebut dipasangkan pada tiap- tiap ujung field coil serta pula berperan selaku pembungkus kumparan rotor. Magnetic flux ialah hasil dari aliran arus listrik yang lewat kumparan serta satu kutup jadi kutub selatan serta kutub satu lagi jadi kutub utara. Komponen slip ring dibuat dari logam baja putih ataupun stainless steel dengan pembuatan permukaan slip ring terbuat halus supaya permukaan slip ring tidak memesatkan keausan dari brush ( gosok). Slip ring dipisahkan dari rotor shaft ( poros rotor) 


2. Stator

Komponen stator pada alternator ini ialah komponen diam. Pada komponen stator ini tersusun dari bagian stator core serta stator coil ( kumparan stator). 

Stator komponen alternator - JAGO BENGKEL
STATOR - JagoBengkel.my.id

Komponen stator ini dilindungi oleh bagian depan serta balik dari frame. Pada stator coil tersusun dari kawat tembaga yang diluarnya telah dilapisi dengan insulator. Pada bagian dalam stator ada slot- slot yang terdiri dari 3 kumparan leluasa. Inti stator berperan selaku saluran dari garis- garis style magnet dari pole core ke hasil yang lebih efisien stator coil.


3. Diode atau rectifier

Diode ataupun rectifier terdiri dari diode positif serta diode negatif. Tiap 3 buah diode diikat oleh pemegang diode. Arus yang dihasilkan oleh alternator nantinya hendak dikirim ke diode dari sisi pemegang diode positif.

Diode atau rectifier -JAGO BENGKEL
Dioda/recrifier - JagoBengkel.my.id

serta pula seluruh dari ujung- ujung framenya terisolasi. Sepanjang proses penyearahan arus hendak menyebabkan diode- diode jadi panas sehingga diode butuh terdapatnya pendinginan. Pendinginan pada diode dicoba dengan memakai diode holders yang berperan buat meradiasikan panas sehingga diode tidak hendak hadapi panas kelewatan.


4. Rumah alternator

Rumah alternator berfungsi sebagai tempat berputarnya stator dan jarak (celah) antara stator dengan rumah alternator ini memiliki celah yang kecil.

gambar rumah alternator
gambar rumah Alternator - JagoBengkel.my.id

5. Kipas pendingin

gambar kipas pendingin alternator Jago Mobil
gambar kipas pendingin Alternator - JagoBengkel.my.id

pendingin pada alternator berfungsi untuk mendinginkan komponen-komponen di dalam alternator, termasuk dengan komponen diode-diode.


6. Pulley (puli)



Puli alternator Jago Bengkel
Puli Alternator - JagoBengkel.my.id


Puli alternator berperan buat memindahkan ataupun meneruskan tenaga putaran dari mesin ke rotor pada alternator. Tidak hanya itu, pulli alternator pula berperan buat memastikan perbandingan kecepatan putaran antara putaran mesin dengan putaran alternator.

Berikut pembahasan mengenai fungsi dan komponen pada Alternator mobil.



Demikianlah Artikel Mengenal fungsi dan komponen alternator pada mobil

Sekianlah artikel Mengenal fungsi dan komponen alternator pada mobil kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Mengenal fungsi dan komponen alternator pada mobil dengan alamat link https://www.jagobengkel.my.id/2022/12/mengenal-fungsi-dan-komponen-alternator.html