Ticker

6/recent/ticker-posts

Apa itu sekring dalam kelistrikan

Apa itu sekring dalam kelistrikan - Hallo sahabat JAGO BENGKEL, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Apa itu sekring dalam kelistrikan, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel KELISTRIKAN, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Apa itu sekring dalam kelistrikan
link : Apa itu sekring dalam kelistrikan

Baca juga


Apa itu sekring dalam kelistrikan

Pengertian sekring dalam kelistrikan kendaraan

warna sekring
sekring dalam kelistrikan


Apa itu sekring dalam kelistrikan? .Sekring atau sekering memiliki fungsi untuk memutus arus listrik yang melewatinya , jika terjadi korsleting secara tiba - tiba.

Prinsipnya , sekring akan memutus arus listrik jika terjadi kelebihan arus listrik yang melewatinya dan mencegah kabel terbakar . Meski bentuknya kecil , sekring alat pengaman kelistrikan paling efektif pada kendaraan .

Sekring sendiri memiliki berbagai macam bentuk . Mulai dari sekring cartridge berbahan keramik , sekring tabung yang bagian tengahnya menggunakan tabung kaca yang banyak digunakan mobil-mobil era 80-an , sampai sekring blade atau sekring tancap yang digunakan mobil-mobil modern saat ini . 


Bentuk dan Kode Warna Sekring

Bentuk dan kode warna sekring. Sekring muncul karena sistem kelistrikan mobil semakin komplek dan kebutuhan arusnya semakin besar . Pada sekring blade diberikan tanda kapasitas dan kode warna sekring yang memudahkan untuk menyalakan .  Contohnya warna coklat kekuning-kuningan kapasitasnya 5 Ampere ( 5A ), coklat 7 ,5A , merah 10A , biru 15A , kuning 20A , bening 25A , dan hijau 30A .

Selain itu ada juga sekring kotak . Sekring kotak ini serupa dengan model tancap , tapi dimensinya lebih besar dan dilengkapi jendela pemantau di bagian atasnya . Sekring kotak juga memiliki kode warna sekring untuk memudahkan pencarian . Misalnya 30 Ampere ( 30A ) warna merah muda , hijau 40A , merah 50A , kuning 60A , hitam 80A , dan biru 100A .

Jenis terakhir adalah sekring pelat . Sekring pelat biasa digunakan sebagai pengaman arus listrik utama . Pelat sekring ini memiliki kapasitas Ampere yang besar , biasanya di atas 30 A .  Kapasitasnya sendiri dapat dilihat di pelat penghubung bawah . Sekring jenis ini dilengkapi pelindung dari plastik hitam , dengan pemasangannya agak sulit , karena pelat penghantar aruskan ke kedua kutubnya dengan baut. skema kelistrikan tiger

Silahkan kunjungi dan bergabung di halaman facebook , instagram , Youtube , dan Telegram kami Jago Bengkel.



Demikianlah Artikel Apa itu sekring dalam kelistrikan

Sekianlah artikel Apa itu sekring dalam kelistrikan kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Apa itu sekring dalam kelistrikan dengan alamat link https://www.jagobengkel.my.id/2022/08/apa-itu-sekring-dalam-kelistrikan.html