Ticker

6/recent/ticker-posts

Minyak Rem DOT 3, 4 Atau 5.1, Mana Paling Pas?

Minyak Rem DOT 3, 4 Atau 5.1, Mana Paling Pas? - Hallo sahabat JAGO BENGKEL, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Minyak Rem DOT 3, 4 Atau 5.1, Mana Paling Pas? , kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel REM, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Minyak Rem DOT 3, 4 Atau 5.1, Mana Paling Pas?
link : Minyak Rem DOT 3, 4 Atau 5.1, Mana Paling Pas?

Baca juga


Minyak Rem DOT 3, 4 Atau 5.1, Mana Paling Pas?

Minyak Rem DOT 3, 4 Atau 5.1, Mana Paling Pas? 

minyak rem


Jago Bengkel. Minyak rem terbaik, artinya minyak rem yang memiliki spesifikasi yang tepat untuk kendaraan kita. Patokannya satuan DOT, kependekan dari Department of Transportation.

Angka DOT berhubungan dengan titik didih minyak rem. Semakin tinggi angka DOT pada minyak rem, semakin tidak mudah mendidih. Pilihan yang terbaik, pilih sesuai kebutuhan dan spesifikasi komponen rem di kendaraan Anda. Di Indonesia standar minyak rem yang direkomendasi adalah DOT 3 atau DOT 4 dan DOT tertinggi adalah 5.1. Apa bedanya sih?

Minyak rem DOT 2, menggunakan bahan dasar castor oli. Sementara minyak rem DOT 3, DOT 4, dan DOT 5.1, bahan dasarnya terdiri dari beberapa mineral oil, glycol esters dan ethers, ada juga yang menggunakan synthetic oil.

DOT 3 dan DOT 4 mudah sekali menyerap uap air atau air dari atmosphere. Akibatnya, kinerja rem kurang optimal karena adanya air pada oli rem yang menyebabkan titik didih rem menurun. Masalah lainnya, karat pada sistem rem.

DOT 5 sering juga disebut minyak rem silikon, dibuat dengan bahan dasar silikon. Minyak rem jenis ini dibuat untuk mengatasi masalah adanya penyerapan air. Silikon tidak bersifat menyerap air, titik didihnya lebih tinggi dan stabil dan tidak memicu korosi.


Baca juga : Kenali Sebelum Ganti Minyak Rem


Namun DOT 5 juga memiliki kelemahan yaitu kemampuan pelumasnya sangat kurang di saat temperatur tinggi. Gesekannya besar, akibatnya diperlukan tenaga yang lebih besar saat menekan rem agar sistem rem bekerja. Dari sinilah muncul istilah ‘rem keras’.

Kekurangan lainnya, silikon tidak punya daya lumas seperti glycol, sehingga tidak cocok untuk mobil yang dilengkapi ABS. DOT 5 juga tidak bisa menggantikan DOT lainnya. Karena tidak menyerap air, kelembaban sistem hidrolik akan mengumpul pada satu bagian. Ini menyebabkan korosi terlokalisasi. Sudah begitu, titik didihnya lebih rendah dibandingkan DOT 4 tapi harganya dua kali lebih mahal dan lebih sulit ditemukan di toko biasa.

DOT 5.1 hampir sama dengan DOT 3 dan DOT 4 yang menggunakan dasar glycol dan aditif borate ester. Tetapi komposisi aditif untuk DOT 5.1 adalah berkisar 70-80 %. Dengan kisaran seperti itu, membuat titik didih DOT 5.1 lebih tinggi dibanding DOT 3 dan DOT 4.

DOT-5.1 juga kompatibel dengan formulasi karet rem. Tapi, bahan utamanya bukan silicon, sehingga akan menyerap air. Seperti halnya DOT-3 dan DOT-4, minyak rem ini akan merusak cat.




Demikianlah Artikel Minyak Rem DOT 3, 4 Atau 5.1, Mana Paling Pas?

Sekianlah artikel Minyak Rem DOT 3, 4 Atau 5.1, Mana Paling Pas? kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Minyak Rem DOT 3, 4 Atau 5.1, Mana Paling Pas? dengan alamat link https://www.jagobengkel.my.id/2022/08/minyak-rem-dot-3-4-atau-51-mana-paling.html