Ticker

6/recent/ticker-posts

Pilih Kabel Aki, Tebal dan Padat Lebih Baik

Pilih Kabel Aki, Tebal dan Padat Lebih Baik - Hallo sahabat JAGO BENGKEL, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Pilih Kabel Aki, Tebal dan Padat Lebih Baik, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel AKI, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Pilih Kabel Aki, Tebal dan Padat Lebih Baik
link : Pilih Kabel Aki, Tebal dan Padat Lebih Baik

Baca juga


Pilih Kabel Aki, Tebal dan Padat Lebih Baik

Pilih Kabel Aki, Tebal dan Padat Lebih Baik

Pilih Kabel Aki, Tebal dan Padat Lebih Baik

Pilih Kabel Aki



Jago Bengkel. Kabel aki memiliki tugas penting, mentransfer arus listrik dari aki ke motor starter, untuk kemudian didistribusikan ke komponen listrik lainnya. Kabel aki mesti dijaga agar selalu dapat mengalirkan listrik dengan lancar dari terminal aki sampai ke starter dan berbagai komponen listrik lainnya.

Salah satu kuncinya, pastikan Anda memilih kabel yang berkualitas. Kabel aki yang berkualitas terbuat dari tembaga sepenuhnya, bukan besi yang dilapisi tembaga. Lalu, bagaimana cara mengetahuinya? Gampang, bisa dites kok. Caranya, tempelkan magnet ke kabel. Kalau bisai menempel, bisa dipastikan kabel bukan tembaga murni. Karena, magnet tidak menempel pada tembaga, tetapi besi.

Kabel yang digunakan pada kendaraan dikategorikan sebagai Auto-Cable. Yaitu kabel yang spesifikasinya disesuaikan dengan keperluan kendaraan pada umumnya, dengan tegangan kerja 12/24 volt DC. Insulator atau kulit kabelnya dirancang tahan terhadap suhu tinggi dan minyak atau oli. Jadi tidak mudah meleleh, karena bisa memicu korslet.

Tidak seperti kabel lainnya, Auto-Cable diukur dari diameter luar keseluruhan atau tebal kabel. Ketebalan insulator berkisa 0.5 - 1 mm. Jadi kabel yang tebalnya 8 mm, biasa memakai satuan AWG (American Wire Gauge), ketebalan kawat konduktor di dalamnya sekitar 6-7mm. Serat tembaga atau konduktor yang cukup tebal dan padat, memungkinkan aliran arus listrik yang lebih baik.

Kabel aki tapi meskipun tebal, kabel mesti tetap fleksibel. Tujuannya, agar mudah diinstalasikan di kendaraan. Lalu saat pemasangan, pastikan kabel terpasang dengan kencang dan disolder pada terminalnya.



Demikianlah Artikel Pilih Kabel Aki, Tebal dan Padat Lebih Baik

Sekianlah artikel Pilih Kabel Aki, Tebal dan Padat Lebih Baik kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Pilih Kabel Aki, Tebal dan Padat Lebih Baik dengan alamat link https://www.jagobengkel.my.id/2022/08/pilih-kabel-aki-tebal-dan-padat-lebih.html