Ticker

6/recent/ticker-posts

Rem Motor Cakram dan Tromol apa bedanya

Rem Motor Cakram dan Tromol apa bedanya - Hallo sahabat JAGO BENGKEL, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Rem Motor Cakram dan Tromol apa bedanya, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel MOTOR, Artikel REM, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Rem Motor Cakram dan Tromol apa bedanya
link : Rem Motor Cakram dan Tromol apa bedanya

Baca juga


Rem Motor Cakram dan Tromol apa bedanya

Kenali bedanya Rem Cakram dan Rem Tromol

Rem cakram dan rem tromol
Kenali perbedaan rem tromol dan rem cakram


Rem Motor Cakram dan Tromol apa bedanya?Mobil dan Motor modern kebanyakan memakai rem cakram atau disc brake, karena dianggap lebih mumpuni. Teknologi sebelumnya, rem tromol pun mulai banyak ditinggalkan. Mana yang lebih baik? Rem tromol atau rem cakram, keduanya punya keunggulan dan kekurangannya masing-masing. Simak ulasan perbedaannya berikut ini.


Rem Tromol

Rem tromol biasanya digunakan kendaraan dengan beban berat seperti truk atau bus. Karena desainnya yang tertutup, rem tromol tidak mudah terkena kotoran atau debu. Tapi ini bikin rem jadi cepat panas dan tidak pakem setelah melewati genangan, karena perangkat rem terisi air.

Rem tromol bekerja secara mekanis, gesekan kampas rem dengan tromol (drum) yang ikut berputar seiring putaran roda untuk mengurangi laju kendaraan. Motor dan mobil berkapasitas kecil kebanyakan masih memakai rem tromol.

Kekurangannya, tidak seluruh kampas rem menempel ke tromol roda. Akibatnya daya pengereman rem tromol hanya 70 persen. Tapi ini bukan masalah bila diaplikasi di roda belakang, justru menguntungkan. Pengereman roda belakang tidak boleh melebihi kekuatan rem depan. Kalau rem depan lebih pakem, saat pengereman mendadak motor jadi tak terkendali.



Rem Cakram

Rem cakram banyak digunakan motor berkapasitas mesin tinggi. Tingkat pengeremannya mencapai 100 persen karena seluruh pad bergesekan langsung dengan cakram. Tampilannya atraktif dan pendinginannya lebih baik karena terbuka, bahkan didukung dengan desain berlubang. Tapi karena terbuka, kaliper jadi mudah ditempeli kotoran. Kalau sampai mengeras, bisa bikin cakram tergores.

Rem cakram bekerja dengan sistem hidraulik. Saat rem difungsikan, minyak rem akan menekan piston kaliper dan diteruskan ke pad yang kemudian menekan piringan rem. Gunakan minyak rem sesuai spesifikasi kendaraan, ganti secara teratur dan pastikan kapasitasnya selalu cukup, jangan sampai kurang dari garis lower level.




Demikianlah Artikel Rem Motor Cakram dan Tromol apa bedanya

Sekianlah artikel Rem Motor Cakram dan Tromol apa bedanya kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Rem Motor Cakram dan Tromol apa bedanya dengan alamat link https://www.jagobengkel.my.id/2022/09/rem-motor-cakram-dan-tromol-apa-bedanya.html