Ticker

6/recent/ticker-posts

Cara kerja mesin 4 tak pada sepeda motor

Cara kerja mesin 4 tak pada sepeda motor - Hallo sahabat JAGO BENGKEL, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Cara kerja mesin 4 tak pada sepeda motor, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel MOTOR, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Cara kerja mesin 4 tak pada sepeda motor
link : Cara kerja mesin 4 tak pada sepeda motor

Baca juga


Cara kerja mesin 4 tak pada sepeda motor

Cara kerja mesin 4 tak pada sepeda motor

simulasi cara kerja motor 4 tak

Mengenal cara kerja mesin motor 4 tak pada sepeda motor bekerja dengan siklus 4 langkah yang terdiri dari langkah hisap, kompresi, pembakaran, dan pembuangan. Lebih lengkapnya mesin motor 4 tak dalam dua putaran poros engkol akan menghasilkan satu tenaga. Berikut adalah penjelasan detail tentang setiap langkah tersebut:

1. Langkah Hisap: Pada langkah ini, piston bergerak dari titik mati atas (TMA) ke titik mati bawah (TMB) dan katup hisap terbuka. Udara dan bahan bakar dari karburator masuk ke dalam ruang bakar melalui lubang hisap.

2. Langkah Kompresi: Setelah langkah hisap, piston kembali ke TMA (Titik Mati Atas) dan katup hisap tertutup. Kemudian, piston bergerak ke TMB (Titik Mati Bawah) lagi dan katup buang tertutup. Saat piston bergerak ke TMA, campuran udara dan bahan bakar dikompresi dan tekanannya meningkat.

3. Langkah pembakaran: Setelah piston mencapai TMA, busi menyala dan menyebabkan campuran udara dan bahan bakar terbakar. Proses pembakaran ini menghasilkan gas yang sangat panas dan tekanannya meningkat tajam. Tekanan ini mendorong piston ke bawah, menghasilkan tenaga yang digunakan untuk menggerakkan roda sepeda motor.

4. Langkah Pembuangan: Setelah langkah pembakaran, piston bergerak ke TMB lagi dan katup buang terbuka. Gas buang yang dihasilkan oleh pembakaran dikeluarkan dari ruang bakar melalui katup buang dan sistem knalpot.

Siklus ini terus berulang dan menghasilkan tenaga yang digunakan untuk menggerakkan sepeda motor. Mesin 4 tak pada sepeda motor biasanya lebih efisien dan memiliki tenaga yang lebih besar daripada mesin 2 tak. Namun, mesin 4 tak juga lebih kompleks dan membutuhkan perawatan yang lebih sering.



Demikianlah Artikel Cara kerja mesin 4 tak pada sepeda motor

Sekianlah artikel Cara kerja mesin 4 tak pada sepeda motor kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Cara kerja mesin 4 tak pada sepeda motor dengan alamat link https://www.jagobengkel.my.id/2023/03/cara-kerja-mesin-4-tak-pada-sepeda-motor.html