Ticker

6/recent/ticker-posts

Pengertian dan cara kerja karburator pada sepeda motor

Pengertian dan cara kerja karburator pada sepeda motor - Hallo sahabat JAGO BENGKEL, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Pengertian dan cara kerja karburator pada sepeda motor, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel KARBURATOR, Artikel MOTOR, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Pengertian dan cara kerja karburator pada sepeda motor
link : Pengertian dan cara kerja karburator pada sepeda motor

Baca juga


Pengertian dan cara kerja karburator pada sepeda motor

Pengertian dan cara kerja karburator pada sepeda motor

karburator motor
Jago Bengkel - Cara kerja karburator pada sepeda motor


Pengertian dan cara kerja karburator pada sepeda motor. Bagi anda pemilik kendaraan lawas atau kendaraan keluaran lama pasti mengenal salah satu komponen pada motor yaitu karburator. Karburator merupakan salah satu komponen yang ada pada mesin bensin dan alat ini  berguna untuk mencampurkan antara udara dengan bahan bakar dengan takaran perbandingan tertentu. Hasil pembakaran nantinya akan mengalir ke dalam silinder sesuai dengan kebutuhan sebuah mesin. Jadi bisa di bilang karburator digunakan untuk memasukkan bahan bakar ke dalam sililnder.


Bagaimana cara kerja karburator pada sepeda motor?

Cara kerja sebuah karburator motor dimulai pada saat mesin di hidupkan secara otomatis mesin akan menghisap udara dari luar untuk di masukkan ke mesin melalui karburator. Ketika udara yang telah masuk sangat kecil makan tekanan udara di permukaan saluran masuk nya juga akan rendah. Sehingga bahan bakar yang telah masuk akan menghasilkan spuyer yang kecil. Lalul campuran antara bahan bakar dan udara yang memancar tadi akan menghasilkan gas yang nanti akan di di bakar di dalam sebuah silinder.

Proses memasukkan campuran bahan bakar dan udara tadi di namakan proses Karburasi. Sedangkan alat yang digunakan untuk mencampurkan antara udara dan bahan bakar tadi dinamakan Karburator.

Apakah karburator dapat mempengaruhi kecepatan sebuah motor?

Apakah karburator dapat mempengaruhi kecepatan sepeda motor?, Jawabannya iya, jika Karburator motor yang memang jarang dirawat dapat mengganggu kinerja kendaraan itu sendiri kendaraan akan menjadi tersendat atau bahkan bisa tiba – tiba mati. Oleh karena itu, pemilik kendaraan sangat perlu merawat dan mengganti karburator dalam jangka waktu tertentu agar proses pembakaran kendaraan bermotor tetap stabil dan motor menghasilkan tenaga yang prima.

Cara seting karburator sepeda motor

Cara seting karburator sepeda motor adalah lakukan putaran setelah angin pada karburator akan mempengaruhi setelah gas, lalu berapakah idealnya untuk menyetel karburator yang benar? Kamu dapat memutar sekrup udara pada karburator ke arah kiri sebanyak 2,5 putaran tetapi jangan jangan sampai langsung membuat putaran dalam jumlah yang banyak. Untuk putaran setelah pada karburator jenis vakum memerlukan penanganan yang berbeda. Untuk karburator tipe vakum, biasanya perputaran mesin yang tertinggi bisa mencapai 2,5 sampai 2,8 putaran sekrup.



Apakah Karburator Pada Sepeda Motor dapat mempengaruhi kecepatan motor?

Apakah karburator pada sepeda motor dapat mempengaruhi kecepatan sepeda motor?. Untuk membuat sepeda motor anda menjadi kencang anda tidak harus melakukan bore up kepada motor anda. Anda hanya cukup mengganti setelah karburator sepeda motor anda. Anda bisa memilih berbagai jenis karburator yang memiliki performa pembakaran yang jauh lebih baik jika di bandingkan dengan karburator bawaan dari pabriknya. Untuk saat ini karburator bawaan motor RX King dianggap menjadi salah satu karburator terbaik dan telah terbukti bisa mempengaruhi berbagai jenis sepeda motor bebek. Namun sesuai dengan performanya karburator RX King mempunyai harga yang cukup mahal. Hal ini dikarenakan tingginya permintaan di pasar namun sangat mudah di temukan alias langka. Sehingga karena faktor kelangkaan itulah yang menjadikan harga karburator RX King menjadi melambung tinggi. Tetapi bukannya tidak ada alternatif lain kalian bisa mencari merek lain seperti Karburator merek Keihin jenis PE 28 maupun PE 25 yang merupakan karburator bawaan dari sepeda motor sonic.

Sehingga untuk mendapatkan motor yang tarikannya kencang anda hanya tinggal mengganti karburator bawaan motor anda dengan karburator yang telah saya sebutkan diatas. Selain itu anda juga bisa memodifikasi karburator anda namun untuk hal yang satu ini anda memerlukan mekanik yang terpercaya dan sudah mempunyai pengalaman yang mumpuni. Pilihan ada ditangan anda untuk mendapatkan performa motor anda menjadi prima.

Silahkan kunjungi dan bergabung di halaman Facebook , Instagram , Youtube , dan Telegram kami Jago Bengkel.





Demikianlah Artikel Pengertian dan cara kerja karburator pada sepeda motor

Sekianlah artikel Pengertian dan cara kerja karburator pada sepeda motor kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Pengertian dan cara kerja karburator pada sepeda motor dengan alamat link https://www.jagobengkel.my.id/2022/12/pengertian-dan-cara-kerja-karburator.html