Ticker

6/recent/ticker-posts

Pentingnya setel klep, agar performa motor maksimal

Pentingnya setel klep, agar performa motor maksimal - Hallo sahabat JAGO BENGKEL, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Pentingnya setel klep, agar performa motor maksimal, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel MOTOR, Artikel TIPS, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Pentingnya setel klep, agar performa motor maksimal
link : Pentingnya setel klep, agar performa motor maksimal

Baca juga


Pentingnya setel klep, agar performa motor maksimal

 

Motor wajib setel klep, Agar power maksimal


Setel klep motor
Jago Bengkel - Performa motor loyo, coba setel klep


Klep motor wajib di setel, ini sangat pengaruh terhadap performa sepeda motor. Banyak pengguna sepeda motor zaman sekarang yang tak terlalu paham atau bahkan menghiraukan soal fungsi setel klep/valve. Padahal setel klep berguna buat menjaga jarak renggang klep untuk menjaga performa motor tetap maksimal dan efisien.

Klep atau valve merupakan komponen mesin yang sifatnya dinamis dan biasanya terpasang pada kepala silinder. Terbuat dari bahan yang cukup keras dan bisa dengan mudah menghantarkan panas.Kekuatan ini diperlukan karena klep harus kerjanya harus bergesekan saat menerima panas dan tekanan yang tinggi, serta selalu bergerak naik dan turun.

Karena itulah produk klep/valve dilapisi dengan material alloy Stellite pada permukaan payung klep untuk menambah kekuatan dan usia pemakaiannya. Hal ini bisa dibuktikan dengan pengetesan sederhana dengan menggergaji valve exhaust Indoparts, maka akan didapati permukaannya tidak ada terdapat gesekan.

Baik in dan exhaust valve dilapisi material Stellite hingga ke bagian headstem atau yang bersinggungan dengan rocker arm mesin yang digerakan oleh noken as. Selain itu dengan melalui proses pembuatan nitrited, klep akan tahan terhadap panas dan aus akibat gesekan antar komponen.

Dengan kelebihan tersebut maka Anda tinggal menyesuaikan jarak renggang klep sesuai spesifikasi mesin motor. Namun perhatikan jika setelah klep terlalu rapat dan tidak sesuai standar, dampaknya timing membuka dan menutup klep lebih lama. Hal tersebut membuat gas lebih banyak masuk. Mesin pun akan cepat panas, konsumsi bahan bakar lebih boros, dan tenaga mesin akan berkurang.

Sedangkan jika setelan klep terlalu renggang, efeknya pemasukan campuran bahan bakar dan udara berlangsung cepat sehingga jumlah campuran yang masuk sedikit. Akibatnya akan membuat suara mesin berisik, tekanan kompresi rendah, dan gas buang juga tidak bersih.

Silahkan kunjungi dan bergabung di halaman Facebook , Instagram , Youtube , dan Telegram kami Jago Bengkel.



Demikianlah Artikel Pentingnya setel klep, agar performa motor maksimal

Sekianlah artikel Pentingnya setel klep, agar performa motor maksimal kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Pentingnya setel klep, agar performa motor maksimal dengan alamat link https://www.jagobengkel.my.id/2023/01/pentingnya-setel-klep-agar-performa.html